Pengusaha Gratiskan Biaya Vaksin Karyawan

Written by Juki on July 10, 2020 in Efektivitas Vaksin Covid with no comments.

Vaksin Moderna harus diberikan 2 dosis, dengan penyuntikan masing-masing dosis memiliki interval four pekan. Agar bertahan lama vaksin ini harus disimpan dengan suhu minus 20 derajat Celcius. Vaksin ini hanya bertahan 30 hari jika didinginkan pada suhu antara 2-8 derajat celcius. Pada 14 September 2020, Uni Emirat Arab memberi persetujuan darurat untuk vaksin Sinopharm sehingga bisa disuntikkan pada petugas kesehatan, dan kemudian pejabat pemerintah. Ia juga meminta pemerintah meningkatkan intensitas edukasi dan sosialisasi mengenai vaksin COVID-19. Menurut dia, edukasi dan sosialisasi mengenai vaksin penting dilakukan agar masyarakat bersedia divaksin sebagai upaya mencegah penularan COVID-19.

Beleid itu menjadi payung hukum dalam pelaksanaan vaksin gotong royong atau mandiri. Harga pembelian vaksin sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU huruf a merupakan harga tertinggi vaksin per dosis yang dibeli oleh badan hukum/badan usaha. Juga sudah termasuk margin/keuntungan 20% , dan biaya distribusi franco kabupaten/kota, namun tidak termasuk pajak pertambahan nilai . Besaran biaya vaksinasi itu mulai berlaku sejak ditetapkan pada eleven Mei 2021. Pemerintah berencana memulai vaksinasi mandiri pada akhir Mei 2021 dengan prioritas pada pekerja di sektor usaha padat karya, serta yang berada di zona merah. Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengusulkan agar pemerintah menetapkan harga maksimal atau batas atas vaksin corona berbayar.

Rencananya, impor vaksin Sinopharm dan Moderna akan dilakukan oleh anak perusahaan Holding BUMN Farmasi, yakni PT Kimia Farma Tbk. Iwan menambahkan, untuk penggunaan vaksin sendiri masih menunggu izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang diperkirakan akan rampung pada Januari nanti. Terpisah, Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan, sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac tengah diuji coba.

Follow Akun Resmi Media Sosial Badan Perlindungan Konsumen Nasional, apabila kamu ingin mengetahui kegiatan BPKN dan informasi terkait dengan perlindungan konsumen. Dengan tingkat efikasi mencapai 94,5 persen, vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada 18 Desember 2020. Vaksinasi gotong royong telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19. “Saat ini Bio Farma sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin dengan prinsip harus berbeda dengan vaksin program ,” kata Bambang dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Kemenkes RI. Menurut Bambang PT Bio Farma telah menjajaki kemungkinan impor vaksin Covid-19 dari Moderna dan Sinopharm.

Harga vaksin mandiri

Harga vaksin yang dicantumkan juga bukan merupakan informasi resmi, karena sampai dengan hari ini program vaksinasi COVID-19 yang berjalan adalah program vaksinasi dari pemerintah yang diberikan secara gratis. Lumajang (WartaBromo.com) – Kementerian telah menetapkan harga tertinggi untuk perusahaan yang mau melakukan vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Harga ini khusus untuk vaksin jenis Sinopharm dengan pembelian melalui Bio Farma. Untuk vaksin gotong royong secara mandiri ini dipastikan tidak akan membebani pekerja, termasuk tidak akan memotong gaji karyawan di setiap perusahaan.

“Sebelumnya itu harga Rp 1 juta, tapi dari pertimbangan KADIN Indonesia, sehingga ini harga yang bisa didapat lebih murah. Saya sangat, yakin pengusaha itu punya kiat-kiat menghadapi persoalan harga vaksin dan membiayai vaksin karyawan,” paparnya. Menurut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani vaksin untuk vaksinasi mandiri kemungkinan akan tiba Maret nanti. Sedangkan pelaksanan vaksinasinya masih harus menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use authorization dari Badan POM dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia . Sebelumnya, Juru bicara untuk Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menyatakan bahwa pihaknya membuka peluang untuk mengatur batas maksimal harga vaksin Covid-19.

Vaksinasi gotong royong adalah vaksinasi yang dilakukan kepada karyawan/karyawati, keluarga, ataupun individu yang termasuk dalam keluarga karyawan. Adapun pendanaan vaksinasi gotong royong akan ditanggung atau dibebankan kepada badan hukum/badan usaha tempat karyawan tersebut bekerja. Meski harga yang ditetapkan pemerintah lebih tinggi, menurut Sarman, besarannya masih dalam jangkauan dunia usaha. Pemerintah meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun saat ini kepastian vaksinasi covid-19 di RI makin nyata setelah pemerintah mendatangkan 1,2 juta vaksin asal China.

Untuk saat ini harga vaksin untuk program Vaksin Gotong Royong belum diketahui karena produknya belum tersedia. Fajar mengharapkan vaksin gotong royong ini bisa ditetapkan di harga Rp500 ribu atau berada di bawah harga tersebut untuk dua dosis pemakaian. “Kalau harganya bisa di bawah Rp500 ribu, kami siap mengalokasikan budget untuk vaksinasi ini, daripada harus berhenti produksi,” katanya. Yang terpenting, harga vaksin Corona harus benar-benar terjangkau oleh semua kalangan.

Comments are closed.