Mari Menggunakan Masker Saat Keluar Rumah

Written by Juki on April 13, 2020 in Kesehatan Tubuh with no comments.

Untuk memakai masker, gunakan satu tangan untuk memegang bagian luar masker dan pasang kaitan pada telinga. Masker dapat digunakan ketika berada di tempat umum atau keramaian. Tangan yang dipergunakan untuk menyentuh masker harus dipastikan bersih. Ia juga meminta masyarakat untuk menunda rencana berpergian jika tak mendesak.

Karena itu, setelah divaksin, kita masih harus tetap menerapkan budaya 3M , supaya tubuh terlindungi semaksimal mungkin dari Covid-19. Virus tidak akan bermutasi lebih jauh jika semua orang tinggal di rumah, dan bahkan jika mereka keluar, mereka memastikan bahwa mereka mengenakan masker untuk memperlambat penyebaran dan membunuh virus untuk selamanya. Semakin banyak orang yang mengambil tindakan pencegahan dan memakai masker, akan semakin kecil kemungkinan orang tertular virus.

“Selain memberikan rasa aman, personel juga harus mengimbau untuk selalu waspada serta menegur secara humanis, kepada masyarakat yang melanggar dan tidak menerapkan protokol kesehatan,” katanya. Pastikan masker bagian luar dapat membantu menekan masker bagian dalam agar sedekat mungkin dengan area wajah. Untuk mengetahuinya, taruh dan tekan tangan Anda di atas masker dan rasakan apakah ada udara yang keluar dari tepi saat Anda bernapas. “Mulai 28 Juni kita akan meninggalkan penggunaan masker di luar ruangan di zona-zona putih,” kata Menteri Kesehatan Roberto Speranza melalui unggahan di Facebook usai menerima saran dari dewan ahli pemerintah. Italia membuka aktivitas di tempat-tempat seperti restoran, bar, bioskop, dan pusat kebugaran, dan mengizinkan pergerakan bebas di kawasan negara itu.

Apabila masker yang dipakai basah atau lembab harus segera diganti. Jika masker tersebut memiliki dua warna berbeda , sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit, sementara lapisan hijau menghadap ke luar. Masker sekali pakai ini juga mampu menyaring partikel besar di udara, dan memastikan tetesan dari pemakainya tidak menyebar. Menurut Cleveland Clinic, Anda juga harus mengenakan masker jika menurunkan jendela untuk berinteraksi dengan seseorang di lokasi pengambilan drive-thru, tepi jalan, atau saat membeli bensin. Jika berada di dalam mobil bersama orang yang tidak tinggal bersama Anda.

Mengapa kita harus memakai masker

JawaPos.com – Pakar Imunologi Universitas Airlangga Surabaya Dr dr Agung Dwi Wahyu Widodo MSi MKedKlin mengatakan, meski vaksinasi COVID-19 telah dijalankan, namun pemakaian masker dibutuhkan hingga empat tahun mendatang. Karena, berdasarkan studi terbaru oleh Komisi Tetap Penyakit Menular dan Ancaman Abad 21 di Amerika Serikat, virus corona bisa menular melalui percakapan dan pernapasan regular dengan orang yang terpapar. Menurutnya, jika jumlah kasus infeksi SARS COV-2 masih naik, maka kita Indonesia masih kalah dalam melawan virus tersebut. Wiku menyebut, virus corona bersifat pintar dan jahat, sehingga masyarakat tidak bisa menganggapnya enteng. Petugas kesehatan adalah orang-orang yang paling mungkin terpajan virus COVID-19 karena mereka berhubungan dekat dengan pasien suspek atau terkonfirmasi COVID-19 dan lingkungan sekitarnya.

Penting untuk dicatat bahwa masker harus digunakan hanya sebagai bagian dari strategi yang komprehensif. Anda harus sering membersihkan tangan dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Jika dropletlangsung jatuh ke lantai atau benda, tidak demikian dengan microdroplet.Melainkan mengambang dan bergerak sesuai aliran udara. Itu sebabnya menggunakan masker bisa mencegah penyebaran virus melalui microdroplet. Partikel kecil ini keluar dari hidung atau mulut saat kita berbicara, bersin, dan batuk.

Diketahui virus corona menular melalui droplets pernapasan yang dikeluarkan oleh seseorang yang terinfeksi. Melansir Web MD, jika berkendara sendiri, maka tidak kita tidak perlu mengenakan masker selama di dalam mobil. Namun, budaya penggunaan masker masih belum menjadi kebiasaan yang rutin dan konsisten untuk diterapkan. Jika menggunakan masker kain, CDC menyarankan masker rangkap diaplikasikan dengan menggunakan masker setidaknya dua atau tiga lapisan kain. Penggunaan masker rangkap dapat meningkatkan filtrasi atau penyaringan udara yang dihirup dan dihembuskan.

Anda dilarang untuk menyalahgunakan merek-merek dagang dan Konten yang ditampilkan pada Situs ini tanpa adanya persetujuan tertulis dari Perusahaan dan/atau pemilik lisensi terkait termasuk Mitra Perusahaan. Merek-merek dagang dan Konten tersebut diizinkan penggunaannya hanya apabila hal itu secara tegas dinyatakan dalam Ketentuan ini. Setelah mendaftarkan diri pada Situs, anda akan mendapatkan suatu akun pribadi yang dapat diakses dengan kata sandi yang anda pilih.

Selain itu, Bunda juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit lewat aplikasi Alodokter. Pasalnya, masker bisa melindunginya, tapi bisa juga meningkatkan risikonya untuk terinfeksi. Oleh karena itu, lebih baik Bunda fokus pada langkah pencegahan yang lain, seperti membiasakannya cuci tangan. Menurut sejumlah penelitian menggunakan masker mulut dapat membantu mencegah Anda menularkan atau tertular berbagai Situs Bola Online macam penyakit, seperti flu, batuk, ISPA, dan sindrom pernapasan akut berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome. Setelah melepas atau setiap kali tidak sengaja menyentuh masker yang terpakai, bersihkan tangan dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol atau sabun dan air mengalir jika tangan terlihat kotor. Misalnya, rajin mencuci tangan, mematuhi aturan jaga jarak, dan melakukan pola hidup bersih dan sehat .

Comments are closed.