Kenapa Lansia Perlu Tunggu 28 Hari Untuk Vaksin Covid

Written by Juki on July 23, 2020 in Efektivitas Vaksin Covid with no comments.

Kemudian jika memiliki riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi Covid-19, orang yang akan divaksinasi harus bebas gejala. Kemudian kalau menjadi penyintas Covid-19, dia melanjutkan, pemerintah telah membuat ketentuan harus menunggu hingga 3 bulan kemudian baru bisa mendapatkan vaksin. Selanjutnya, Siti Nadia menjelaskan prasyarat bagi lansia untuk bisa divaksinasi pada waktunya nanti, Lansia yang selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal, diharapkan untuk kontrol dulu ke dokternya. “Suntikan pertama baru membentuk antibodi tetapi belum yang protektif. Antibodi terbentuk sudah mengenak virus yang masuk dalam tubuh melalui vaksin kemudian perlahan meningkat,” ujarnya.

Syaratnya, usia mereka sudah mencapai 60 tahun dan terdaftar sebagai warga Sidoarjo yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk . Sekitar 131 ribu dosis vaksin diperlukan untuk memenuhi kuota target ninety persen. Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,eight per 100 orang.

Padahal, goal vaksinasi untuk warga yang berumur lebih dari 60 tahun itu cukup tinggi. Budi Gunadi menambahkan, jika cakupan vaksinasi untuk kelompok lansia dapat segera memenuhi target maka akan meminimalisir tekanan terhadap rumah sakit dan juga tenaga kesehatan. Bagi sasaran vaksinasi lansia yang sudah sempat mengisi tautan, Nadia mengatakan, untuk tersebut tidak perlu khawatir, Kemkes menjamin bahwa data tersebut aman dan disimpan di dinas kesehatan provinsi masing-masing. Menurut Penny, persetujuan penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia di Indonesia berawal dari fakta bahwa angka kematian akibat COVID-19 pada usia lanjut relatif tinggi. Oleh karena itu, lansia perlu menjadi prioritas penerima vaksin virus corona.

Saat ini, kata dr Yana, ia sudah menginstruksikan semua Puskesmas untuk mengadakan vaksinasi lansia setiap hari. Jadi, untuk lansia tidak perlu berlama-lama antre dan diprioritaskan segera mendapatkan pelayanan. “Setelah vaksinasi tetap harus menjaga protokol kesehatan karena vaksin itu bukan obat. Di Desa Langenharjo ini vaksinasi diberikan pada 300 lansia. Semoga berjalan lancar dan antusias lansia sangat bagus,” ujarnya. Kemudian, untuk mengatasi kekhawatiran terkait pemberian vaksin, Badan Obat Norwegia mengatakan tidak ada bukti hubungan langsung antara rangkaian kematian baru-baru ini dan vaksinasi. Daeng mengatakan vaksinasi terhadap lansia harus dilakukan dalam kondisi kondisi stabil dan sehat.

Vaksin bagi lansia

Oleh karena itu, Menkes menyebutkan, peningkatan cakupan vaksinasi lansia harus disegerakan, lantaran probabilitas lansia tertular SARS-CoV-2 dan masuk rumah sakit sebesar 60 kali lebih tinggi dibandingkan orang di bawah usia lanjut. Ia menjelaskan bahwa pendaftaran vaksinasi covid – 19 dilakukan secara daring dan guide, serta setiap sentra vaksinasi diberikan kuota one hundred orang peserta. Kondisi berbeda, kata perempuan yang memiliki gelar dokter gigi ini, terjadi pada hari pertama vaksinasi dimulai. Dalam video tersebut, masyarakat lanjut usia yang hendak divaksin terlihat mengantre hingga di luar space rumah sakit. Sesuai knowledge hasil uji klinik yang tersedia pada saat EUA diterbitkan, penggunaan vaksin Sinovac diperbolehkan untuk kelompok usia dewasa, dari 18 hingga fifty nine tahun. Berlin kini mendapat tekanan dari para pakar dan politisi karena dianggap tak mengamankan cukup dosis vaksin virus corona untuk program vaksinasinya.

Comments are closed.