Bagaimana Efek Samping Vaksin Covid

Written by Juki on July 9, 2020 in Efektivitas Vaksin Covid with no comments.

Gejala pembekuan darah setelah vaksinasi Covid-19 ini umumnya didapat lima hari setelah menerima vaksin dosis pertama. Para peneliti menjelaskan pembekuan darah setelah vaksinasi Covid-19 ini terjadi karena reaksi kekebalan tubuh dengan trombosit. Keamanan vaksin buatan Inggris ini, kata Sri, juga dilihat dari uji klinis yang dilakukan kepada lebih dari 20 ribu sukarelawan yang dikerjakan di Inggris, Afrika Selatan, dan Brazil. Di dalam uji klinis tersebut efek samping yang ditemukan pun bersifat ringan, dan tidak ada yang masuk rumah sakit, apalagi meninggal akibat vaksin AstraZeneca tersebut.

Efek dari vaksin covid

“Penting untuk dikatakan bahwa Anda tidak menerima kompensasi untuk gejala ringan dan sementara seperti demam ringan atau nyeri di lengan. Tetapi jika Anda mengalami efek samping yang serius dan ada hubungan sementara dengan vaksinasi, maka saya akan mendorong Anda untuk meminta kompensasi dari kami,” kata Bast. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Beberapa orang mengalami efek samping dari vaksinasi Covid-19. Beberapa efek samping seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil, merupakan tanda bahwa vaksin telah memicu tubuh Anda untuk membangun perlindungan terhadap Covid-19.

Suara.com – Sejak peluncuran vaksin Covid-19, pejabat kesehatan masyarakat telah memperingatkan kemungkinan efek samping setelah vaksinasi, seperti nyeri di tempat suntikan, demam, nyeri otot atau lainnya. Seorang direktur obgyn, Satin, dan direktur kedokteran kesehatan perempuan, Sheffield, menunjukkan information uji coba Pfizer-BioNTech sebagai bukti lebih lanjut bahwa kedua spike protein tidak ada kaitannya. Dalam information tersebut, dipaparkan bahwa dari 23 relawan wanita hamil, terdapat satu orang yang mengalami keguguran selama fase uji klinis, dan ia pun dari kelompok plasebo. Disamping itu, jumlah vaksin yang terbatas membuat pemerintah harus mengatur laju vaksinasi Covid-19.

Tapi di Mbao, Senegal, situs vaksinasi tampak kosong selama beberapa hari. Apabila terjadi reaksi anafilaktik setelah mendapatkan vaksin COVID-19, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Selain nyeri, Anda mungkin juga melihat kemerahan atau bengkak di tempat jarum masuk ke kulit Anda, tetapi itu akan menghilang. Sekitar 70 persen hingga 80 persen orang merasakan nyeri lengan pada hari penyuntikan. Jika itu mengganggu Anda, Anda bisa menenangkan area tersebut dengan waslap dingin. “Sampai sejauh ini dari yang sudah suntikan kedua, keluhan oleh karena suntikan itu bisa dibilang minimal. Paling panas badan sedikit, nyeri di tempat suntikan seperti kita imunisasi biasa,” kata Kusnandi, Kamis (5/11).

Kumpulan vaksin itu tidak akan digunakan untuk sementara sampai pengujian toksisitas dan sterilitas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan selesai menyusul adanya dua kematian di Jakarta yang diduga terkait vaksin tersebut. ”Kami masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Kementerian Kesehatan,” kata Steaven. Pemerintah, kata Nadia, akan berusaha meningkatkan kecepatan penyuntikan vaksin COVID-19 dari semula 500 ribu penyuntikan per hari menjadi satu juta penyuntikan per harinya. “Vaksin ini bisa diberikan di atas 18 tahun malah juga untuk lansia (lanjut usia -red). Tetap dua kali diberikan, vaksin pertama, vaksin kedua dengan interval dikatakan oleh WHO 4-8 minggu,” katanya. Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunizattion , Sri Rezeki Hadinegoro, memastikan bahwa vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca aman untuk digunakan.

Comments are closed.