Apa Penyebab Anak Suka Melawan Orangtua? Ini Cara Mengatasinya

Written by Juki on January 15, 2021 in Mendidik anak dengan bijak with no comments.

Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir. Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Bila anak Anda terus-menerus membantah, cobalah untuk memeriksa diri Anda sendiri, terutama cara Anda berinteraksi dengan si kecil. Erik menyarankan agar orang tua coba merekam suara mereka saat bicara dengan anaknya dan mendengarkannya di waktu terpisah sebagai bahan evaluasi.

Coba cari kisah-kisah tentang orang-orang yang bekerja keras untuk menghentikan wabah dan merawat pasien. Salah satu cara terbaik untuk menjaga anak-anak aman dari coronavirus dan penyakit lain cukup dengan mengingatkan mereka tentang pentingnya rutin cuci tangan dengan sabun. Yang terpenting, jangan menganggap kecil atau menghindari keresahan mereka. Pastikan Anda mengakui perasaan mereka dan meyakinkan mereka bahwa wajar untuk merasa takut tentang hal-hal ini. Mulailah dengan mengajak anak Anda berbicara tentang topik ini. Ajukan beberapa pertanyaan yang meminta mereka menjelaskan suasana dari sudut pandangnya untuk mengetahui tingkat pengetahuan mereka.

Cara agar anak tidak melawan orang tua

Semua ini untuk mengupayakan putri Anda berada di lingkungan yang positif dan berdampak baik bagi pertumbuhannya. Ajari anak untuk mengetahui daerah mana saja yang tidak boleh disentuh orang lain. Tantangan-tantangan hidup generasi sekarang mungkin lebih berat dari generasi sebelumnya. Namun, itu bukan alasan bagi kita untuk terus bergantung pada orangtua secara finansial. Kalau keseharian kita cuma diisi dengan foya-foya dan pamer gaya hidup mewah tapi itu semua hasil sokongan orangtua, ya itu semua tidak ada istimewanya.

Jakarta- Strict parentsatau orangtua yang ketat merupakan tipe orang tua yang mengatur anaknya sesuai dengan kemauan diri sendiri tanpa menghargai perasaan serta pendapat anaknya. Seorang anak yang biasa di didik dengan ketat akan cenderung memiliki rasa takut yang tinggi dan ketergantungan terhadap apa yang dilakukannya. Mengasuh dan mendidik anak adalah suatu kewajiban bagi orang tua.

Cara Mengatasi Anak Yang Tantrum – Merawat anak memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Salah satu problem yang sering dialami orang tua adalah saat anak mengalami tantrum. Masakan dan resep legendaris dari nenek atau kakek selalu berhasil menghangatkan momen kekeluargaan, terutama di hari-hari besar.

Psikolog FKIP Universitas Lampung Diah Utaminingsih, S.Psi,MA., Psi mengatakan, penyebab anak melawan orangtua karena peran orangtua terhadap anak yang mulai bergeser. Tips lain yang bisa dilakukan supaya anak nurut dengan orang tua adalah usahakan agar selalu ‘satu suara’ dengan pasangan. Ketika Ayah dan Ibu kompak dalam mendidik dan memberikan aturan pada anak, si kecil akan lebih mudah untuk mematuhi. Orang tua yang dapat selalu hadir dan membersamai anak merupakan orang tua yang didambakan oleh anak.

Cara mengatasi anak nakal lainnya, yaitu Anda harus aktif mencari tahu permasalahan yang mungkin dialami anak hingga ia menjadi nakal. Jika perlu berdiskusilah dengan guru apabila kemampuan belajarnya juga terganggu. Selain itu, sudah menjadi tugas Anda untuk membimbingnya melebih baik. Pada usia tertentu, anak memang memiliki kelakuan yang sulit diatur. Anda jadi sulit membedakan mana kenakalan yang normal dan mana yang membutuhkan intervensi khusus. Pakar anak Christine Carter, Ph.D., mengatakan bahwa kelakuan nakal anak disebabkan oleh dua hal, yaitu mencari pertolongan atau mencari perhatian.

Comments are closed.