Anak Susah Makan? Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Written by Juki on January 18, 2021 in Mendidik anak dengan bijak with no comments.

Anda bisa mengajaknya untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya hingga meminta anak memilih menu favoritnya. Agar bisa menjamin bahwa camilan itu sehat, lebih baik Anda buat sendiri di rumah. Membuat jadwal makan yang rutin juga akan berdampak baik untuk pola makannya ketika ia beranjak dewasa.

Si Kecil akan menemukan sesuatu yang ia sukai dalam berbagai makanan sehat tanpa banyak dorongan dari Ibu. Hindari makanan yang dapat menyebabkan si Kecil tersedak, seperti anggur utuh, sosis yang besar, permen bulat dan keras, maupun kacang tanah. Irisan roti dan pisang dapat diberikan sebagai alternatif pilihan makanan. Si Kecil belum sepenuhnya mampu mengunyah sampai mereka berusia 4 tahun, jadi berikanlah makanan dalam bentuk kecil dan mudah dikunyah. Bisa jadi, anak susah makan dikarenakan faktor lain, seperti sakit. Jadi, membawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter bukanlah pilihan yang buruk.

Tips agar anak mau makan dengan lahap

Saat anak tidak berselera makan, Sahabat 99 bisa memancing nafsu makannya dengan memberi makanan kesukaan. Nutrisi yang baik sangat dibutuhkan, karena pada usia ini pertumbuhan otak masih berlangsung dan biasanya anak lebih rentan terhadap penyakit infeksi dan kekurangan gizi. • Perhatikan makanan yang disukai anak dan kombinasikan dengan menu keluarga. Kesulitan makan merupakan masalah individu anak, sehingga upaya untuk mengatasinya juga bersifat individual. Yakni tergantung kepada beratnya dan faktor-faktor yang menjadi penyebab sulit makan.

Tentu masalah tersebut harus segera dihadapi dengan mencari tahu cara mengatasi anak susah makan. Anak yang sukar sekali untuk makan menjadi problematika tersendiri bagi para orang tua. Karena bisa saja nafsu makan si kecil menurun karena masalah kesehatan. Dokter akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang dialami si kecil.

Hal ini juga baik untuk menghindari tantrum di saat waktu makan. ASI adalah terbaik bagi buah hati, SGM sangat mendukung pemberian ASI. Saat Bunda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang.

Comments are closed.